Banyak juga yang belum mengetahui tentang perbedaan subsidi dengan nonsubsidi dari segi bangunan, fasilitas, maupun cara pembiayaan. sebelum masuk ke kriterianya apa seh perumahan subsidi itu ?

KPR Bersubsidi adalah Kredit atau pembiayaan Kepemilikan rumah yang mendapat bantuan dan kemudahan mendapatkan rumah dari pemerintah berupa dana murah jangka panjang dan subsidi perolehan rumah yang diterbitkan oleh Bank Pelaksana baik secara konvensional maupun dengan prinsip syariah.

Setiap orang wajib konsultasi dengan pihak developer atau pengembang dan bisa juga dengan agen properti untuk mendapatkan informasi terlengkap mengenai properti yang akan di ambil atau beli. berikut kriteria perbedaannya.

1. Lokasi

Dapat di ketahui bahwa untuk lokasi memiliki perbedaan yang sangat signifikan, karena untuk perumahan bersubsidi memiliki lokasi berada di dekat kawasan industri, pinggiran kota atau di daerah dengan harga tanah yang relatif masih murah. Sedangkan Nonsubsidi atau bisa disebut dengan komersil biasanya memiliki lokasi yang sangat strategis di tengah kota ataupun pusat kota.

2. Desain dan Type Bangunan

Untuk perumahan subsidi Bangunan terkesan kecil cukup untuk keluarga kecil menengah berukuran 36 atau kurang, berbeda dengan komersil type bangunan bebas sesuai keinginan para pengembang.

3. Persyaratan Khusus

Ini yang perlu di ketahui banyak orang bahwa syarat khusus untuk mendapatkan rumah subsidi adalah kisaran pendapatan pokok Rp. 2juta sampai Rp.4juta. Berbeda dengan komersil yang bebas dari segi pendapatan disesuaikan dengan harga rumah yang akan di beli. persyaratan ini berlaku untuk pegawai ataupun karyawan swasta. Maka konsultasikan terlebih dahulu dengan marketing atau agen properti terpercaya anda.

4. Akses Jalan Perumahan

Pada umumnya perumahan subsidi memiliki akses jalan yang apa adanya seperti pengerasan tanah atau batu. Tapi ada beberapa rumah subsidi di buat cor untuk menarik pasar properti. Berbeda dengan komersil yang memiliki akses jalan baik seperti aspal, paving blok atau cor.

5. Harga Jual

Ini adalah perbedaan paling mencolok dari pasar properti. Harga jual menjadi dominan terlihat karena memiliki perbedaan yang sangat jauh. Untuk perumahan subsidi bunga kredit di bantu oleh pemerintah, selain bunag yang rendah, angsuran juga menjadi flat. Berbeda dengan komersil yang memiliki suku bunga yang tinggi dan memiliki suku bunag anuitas.

6. Spesifikasi Bangunan

Rumah subsidi memiliki spesifikasi yang jauh di bawah komersil, dan juga spesifikasi itu juga harus mengikuti spesifikasi pemerintah untuk standar rumah layak huni. Berbeda dengan komersil yang memiliki itngkat spesifikasi dilihat dari persaingan bisnis, pelayanan, dan harga.

Inilah beberapa perbedaan antara subsidi dan non subsidi, yang paling dominan adalah dari segi pembiayaan dan persyaratan nya. saran kami adalah konsultasikan terlebih dahulu dengan agen atau marketing properti kenalan anda atau terpercaya untuk mendapatkan informasi cara pembiayaan terbaik.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan